Wednesday 24 July 2013

Doamu Dikabulkan

Assalamualaikum
Allah berfirman “Berdoalah kepadaKu  niscaya akan Aku perkenankan bagimu”.(QS. al-Mu'min: 60)

Dan Rasul bersabda :
Tidak ada seorang muslim yang berdoa melainkan akan dikabulkan, ada kalanya disegerakan didunia, ada kalanya disimpankannya untuknya di akhirat. Dan ada kalanya digunakan untuk menghapuskan dosa-dosanya sesuai
dengan kadar doa yang ia ucapkan selama ia tidak berdoa untuk dosa atau memutuskan tali persaudaraan”.

Well, karena tulisan ini kita awali dengan dalil tentang doa, jadi kali ini saya mau sedikit sharing pengalaman saya sendiri tentang doa. Walaupun tidak semua doa saya langsung dikabulkan oleh Allah dan pengalaman doa yang mau saya sharing juga (mungkin) bukan termasuk dalam permintaan yang besar.

Kebetulan karena di semester 8 mata kuliah yang wajib saya ambil tinggal 1 mata kuliah, dan masih tersisa 12 sks yang menganggur, jadi saya putuskan untuk mengulang 4 mata kuliah yang nilainya masih C yang tentunya juga kelasnya bareng anak-anak semester di bawah saya.

Ada satu kenikmatan tersendiri ketika saya mengulang mata kuliah dengan adik tingkat, bukan karena bisa cuci mata hehe, tapi dengan ikut kelas adik tingkat, saya bisa tenang dalam mengerjakan soal UAS nantinya. Tenang karena peluang mencontek saya 0 (kan gengsi nyontek sama adik tingkat hehe) dan juga karena tenang karena saya juga tidak punya “tanggung jawab” untuk memberikan contekan kepada teman yang lain.

Ngomong-ngomong tentang contek-mencontek, jujur saya sebenarnya sudah tidak nyaman dengan kegiatan yang satu ini. Bukan apa-apa, karena saya malu sendiri ketika di satu sisi saya benci dengan mental KKN pejabat-pejabat di negeri ini tapi di sisi lain saya malah belajar untuk menjadi individu yang bermental KKN yaitu dengan contek-mencontek.

sumber gambar: www.beranijujur.net

Maaf jika harus mengeneralisir, tapi kalo boleh saya bilang, pelajar yang paling munafik adalah pelajar tingkat tinggi yaitu mahasiswa, bukan siswa-siswa di tingkat menengah apalagi SD. Mahasiswa (katanya) adalah agent of change, disinilah kita mulai belajar untuk lebih kritis tentang kondisi di negeri ini, aktiv di organisasi kepemudaan ataupun ormawa seperti BEM, turun aksi ke jalan dan memperotes kebijakan pemerintah yag tidak pro rakyat, dll. Tapi sayangnya tidak sedikit juga yang tanpa sadar malah mulai menumpuk mmental KKN didalam diri sendiri. Salah satunya dengan berkerja sama ketika ujian.

Balik lagi ke pengalaman saya. Jadi setelah mengulang mata kuliah yang nilainya Cantik, peluang saya untuk contekan mulai menurun, walaupun sekali-sekali saya juga masih memberi jawaban kepada kawan saya karena tidak enak hati, tapi yang penting peluang untuk contekan sudah semakin menipis.

Nah dari mata 4 mata kuliah yang saya ulang, ada 2 mata kuliah yang saya ikuti bareng mahasiswa angkatan yang paling muda, angkatan 2012. Satu mata kuliah tidak terlalu menjadi masalah untuk saya, tapi satu mata kuliah yang lainnya yang menjadi masalah buat saya, yaitu mata kuliah Aplikasi Komputer. Kecuali Ms. Office, saya sedikit alergi dengan pelajaran komputer, dan kebetulan materi yang akan diujikan adalah tentang PHP-MYSQL.

Dari awal semester saya sudah berdoa mohon bantuan Allah agar saya bisa mendapat nilai A khususnya untuk mata kuliah Aplikasi Komputer ini. Selama semester berjalan pun jalan saya di Aplikasi Komputer ini juga tidak terlalu mulus karena pernah di salah satu quiz yang diberi saya malah tidak bisa berbuat apa-apa. Harapan untuk dapat nilai A pun sedikit menipis.

Dan akhirnya menjelang UAS, dosen memberi kisi-kisi ujian kepada kami yang ketika ujian  90% pasti akan keluar persis (hanya beda angka) seperti di kisi-kisi. Sedikit lega karena peluang saya dapat A kembali naik. Tapi sayangnya ketika kisi-kisi itu saya pelajari, hanya materi SQL yang bisa saya pahami dan ini tidak berlaku di materi PHP. Walaupun dosen pengasuh mata kuliah ini, pak Arianto terkenal tidak pelit nilai, tapi bagaimana bisa beliau memberi saya nilai A ketika salahsatu quiz saya tidak bisa berbuat apa-apa dan hanya setengah materi UAS yang saya pahami.

Akhirnya saya pasrah dengan hanya fokus mempelajari materi SQL dan sekedar baca-baca materi PHP lalu berdoa yang kurang lebih isinya “ya Allah, hamba mohon bantuan-Mu. Hanya materi SQL yang bisa hamba pahami dan tidak dengan materi PHP. Tapi hamba ingin dapat A tanpa mencontek. Oleh karena itu hamba mohon agar ketika UAS nanti hanya materi SQL yang diberikan oleh dosen biar peluang saya dapat nilai A semakin besar.Hamba mohon kabulkan dan bantulah hamba setidaknya sebagai bentuk apresiasi-Mu karena hamba sudah berniat untuk tidak mencontek. Amin”

Dan akhirnya waktu ujian Aplikasi Komputer pun tiba. Dan ketika saya baca lembar soal, reaksi saya dalam hati “Waduh, doanya ga dikabulin nih” karena porsi soal PHP-SQL imbang, alias fifty-fifty. Mulai gelisah karena saya hanya bisa menjawab soal PHP hanya dengan mengarang, sampai pada akhirnya Allah mengabulkan doa saya, pak Arianto mengumumkan di depan kelas bahwa ujian bisa dibawa pulang dan dikerjakan di rumah lalu dikumpulkan beberpa hari berikutnya.

Mendengar pengumuman oleh pak Arianto, akhirnya saya cukup lega karena dengan mengerjakan di rumah, saya bisa mencari jawaban di intenet dan juga tidak lupa minta ampun karena di awal ujian saya sempat negative thinking karena Allah tidak mengabulkan doa saya. Memang Allah tidak langsung mengabulkan dengan dengan materi SQL saja yang diujikan, tetapi mengabulkannya dengan cara ‘menggerakkan’ pak Arianto untuk mengizinkan kami melanjutkan ujian di rumah masing-masing.

Dan alhamdulillah akhirnya saya mendapat nilai A untuk mata kuliah ini, dan ini adalah satu-satunya bilai A yang saya peroleh di semster 8 ini karena nilai yang saya dapat dari mata kuliah yang lain adalah B.

"Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Allah menjadikan baginya jalan keluar dan memberinya rezeki dari arah yg tidak ia sangka2." (QS. ath-Tholaq: 2-3).

Jadi kesimpulan dari sharing ini adalah Allah akan dengan senang hati mengabulkan dan membantu mewujudkan keinginan kita selama itu baik dan tidak bertentangan dengan hukum-Nya. Walaupun hanya sekedar tidak ingin mencontek.

Sekian dulu sharing kali ini, semoga bermanfaat. Semoga dengan ini kita akan selalu meyakini bahwa doa kita pasti akan dikabulkan bahkan dengan cara yang tidak kita kira sebelumnya. Wassalam :)



5 comments:

  1. Replies
    1. even, doa is a part of miracle I think..
      btw tks sudah mampir y :)

      Delete
  2. Selamat wak nilai aplikom kau dapat A :D \o/

    ReplyDelete
  3. Allah menuruti prasangkaan hambanya. :D. Doakan dpt A di smua matkul. Haha

    ReplyDelete