Saturday 16 November 2013

Sholat Lagi (Sholat Jum'at Itu Ganteng?)



Hampir, oh bukan hampir lagi, tapi sepertinya memang setiap jum’at saya selalu melihat pemandangan yang nyaris sama di TL. Walaupun hanya 4-5 twit saja. Tapi sebelumnya tolong jangan terlalu dianggap serius ya bagian ini. Bisa jadi ini memang bukan satu hal yang terlalu serius untuk “diperdebatkan”, tapi tampaknya juga bukan sesuatu pernyataan yang tepat juga kalo laki-laki yang sholat jum’at itu ganteng.

Kenapa? Ya karena sholat Jum’at itu sudah jadi kewajibannya laki-laki. Setiap laki-laki harus mengerjakan/ mendirikannya. Ibarat mahasiswa yang bayar uang smesteran. Nothing special, kan? Toh memang sudah jadi kewajibannya. Yap, kewajiban.

Kewajiban, kata dasarnya adalah wajib yang memiliki arti sudah semestinya, harus. Didalam Ahkamul Khamsah atau lima hukum dalam Islam, wajib adalah suatu perbuatan yang apabila dikerjakan mendapatkan pahala dan apabila ditinggalkan mendapatkan dosa. Sedangkan kewajiban, menurut KBBI memiliki arti sesuatu yang harus dilaksanakan; keharusan.

Karena sholat Jum’at hukumnya wajib, seperti sholat lima waktu yang lain, jadi apa yang bisa dibanggain kalo kita ke masjid buat sholat Jum’at? Wong sudah jadi keharusan. Nah, mungkin yang ‘biasa’ (baca: kewajiban) itu bisa jadi luar biasa kalo kita juga mengajak orang-orang buat sholat (adzan).




Saya sempat iseng searching di twitter “laki sholat itu ganteng”, dan faktanya masih banyak twit yang ‘normal’ kok soal sholat Jum’at ini. Seperti:

@AbellPermana : Sholat Jum'at itu kewajiban buat kaum laki bukannya biar ganteng, kalo masalah ganteng mah gue udah dari lahir~ | << tuh, mas bro yang satu ini malah sudah ganteng dari lahir

@amaliyah_r :  Kl hr jum'at banyak yg update status mengajak laki-laki muslim untuk sholat jum'at biar 'ganteng'.. Lha itu masjid apa salon sih? (#_#") | << masuk akal, mba. Hehe.

@januabdillah : Sholat jum'at itu sdh kewajiban buat umat laki-laki biar nambah pahala, bkn nya sholat jum'at biar nambah ganteng! Kga ada itu istilah gtu!! | << haduh, serem masbro yang satu ini. Sudah kayak mie instant, tanda serunya duuuaaa. Hehe..

@missfynx : Sesungguhnya sholat Jum'at & kegantengan laki" itu ga ada hubungannya. Cungguh! Tukang ojek komplek jg pada jum'atan & mereka ga +ganteng. | << haha kalo yang ini terlalu jujur deh.

{buat pemilik akun diatas, saya mohon izin share twitnya ya)
-------------------------------------------------------------------------------------

Dari Abu Hurairah RA, Ia berkata : “Rasulullah SAW bersabda: Sesungguhnya yang pertama kali akan dihisab dari amal perbuatan pada manusia pada hari kiamat adalah sholatnya.”

Mungkin ini tulisan saya yang ketiga atau keempat soal sholat. Bagi saya pribadi, sholat itu adalah bentuk komitmen kita kepada Tuhan. Sholat itu konsekuensi dari suatu pilihan kita. Pilihan untuk menjadi seorang Muslim, Sholat itu adalah bukti pengabdian kita, bukti pengakuan kita bahwa Tuhan itu satu, yaitu Allah.

Kita butuh biaya yang tidak sedikit dan kondisi fisik yang baik untuk bisa menunaikan ibadah haji. Kita baru diwajibkan berzakat hanya ketika harta kita sudah memenuhi jumlah tertentu dan telah mencapai satu tahun. Bagaimana dengan puasa Ramadhan? Kita tidak diwajibkan apabila kita sedang sakit atau dalam perjalanan yang jauh, dan bisa menggantinya di hari lain. Lalu sholat? Entah harta kita tidak banyak, kondisi badan sedang sakit, atau sedang dalam perjalanan yang jauh, sholat tetap wajib didirikan. Tidak ada air untuk wudhu? Tinggal tayamum. Apapun hambatannya, sholat wajib didirikan.

Dan di akhir tulisan ini, saya ingin berbagi satu quote sederhana tapi berisi yang saya dapat dari salah satu scene di film Mama Cake. Scene dimana Rio yang diperankan Arie Dagienkz sedang mengobrol ringan di musholah dengan Fajar Umbara yang di film ini berperan seperti malaikat. Kenapa saya sebut malaikat? Karena disini Fajar Umbara suka sekali datang tiba-tiba.

Rio bertanya kepada si ‘malaikat’, “Terus, kenapa lu sholat?”. Lalu dijawab oleh Fajar Umbara alias si ‘malaikat’, “Logikanya sih, di agama gw, orang yang paling deket dengan Tuhan, ngelakuin sholat. Nah, gw sebagai pengikut-Nya, ya gw ngelakuin sholat.

Oke, sampai sini dulu. Semoga bermanfaat. Wassalam :)

2 comments:

  1. intinya solat jumat itu kewajiban bagi laki2 yang sudah berbulu, ye gak :D

    ReplyDelete