Saturday 29 December 2012

Ini Bukan Tentang Sepakbola. Ini Tentang Hidup

Sebelum kita ke point nya, kita ke video ini dulu.. tonton video ny sampe habis (kalo internet ny ga lemot :D) biar berasa 'cabe' nya..

Sudah pada tau donk video ini tentang apa? Tapi kalo ada yang belum tau kita flashback sebentar..

Video disini ngegambarin situasi dimana kedua klub yang sama2 berasal dari Manchester, Man. City (biru) dan Man.United ngerebutin trofi liga inggris musim 2011/2012..




Kedua klub ini punya poin yang sama di papan klasemen, tapi Manchester City di puncak klasemen karena unggul selisih gol dari Man.United di posisi kedua..

Man.City berpeluang juara asal mereka menang di pertandingan terakhir lawan QPR, bgtu jg Man.United berpeluang menjuarai liga asalkan mereka jg menang di pertandingan terakhir melawan Sunderland dengan catatan Man.City kalah atau seri..

Dan pertandingan terakhir pun dimulai..
Tanpa diduga Man.City yang diatas kertas diunggulin menang ternyata masih tertinggal 1-2 sampai menit 86 dari QPR, sebaliknya Man.United sdh unggul 1-0 dari Sunderland..

Secara logika manusia biasa, Man.United sdh dipastiin juara karena pertandingan cuma tinggal 4 menit lagi wktu normal dan tambahan waktu 3menit  dan berdasarkan pengalaman, (sangat) mustahil Man.City bisa nyetak 2 gol lagi di sisa waktu tersebut..

Namun hebatnya, Man.City terus mati2an berusaha buat nyetak 2 gol lagi di sisa waktu tersebut.. Dan akhirnya, Man.City berhasil nyamain kekdudukan 2-2 di menit 90.. Tapi Man.City butuh 1 gol lagi dalam 3 menit untuk juara..


Namun bener2 ga ada yang nyangka di saat menit 93 prtandingan Man.United vs Sunderland selesai 1-0 dan Man.United bersiap ngerayain juara mereka, di saat itu juga Man.City nyetak gol ke-3 mereka, dan membalik keadaan jadi 3-2 dan dimenit (bkn menit lagi, tapi DETIK) akhir itulah Man.City memastikan juara.. Dan seumur2 saya nonton bola, baru kali ini gelar liga ditentukan sampai MENIT (DETIK) AKHIR!!

Nah kesimpulan dari cerita di atas adalah selama ’pertandingan’ hidup kita belum sampai pada ajalnya, selama itu pula Allah ngasih kita peluang untuk jadi ’juara’ di kehidupan..

Tapi sayangnya berbeda dengan pertandingan sepakbola yang seluruh pemain nya tahu kalo ajal pertandingan sampai menit 90, di ’pertandingan’ hidup ga satu pun pemain tahu kapan ajal ’pertandingan’ ini datang..

Oleh karena itu, langkah kita adalah berusaha mastiin gelar ’juara’ kita sedini mungkin karena ga ada yang jamin waktu ’pertandingan’ masih lama.. Mulai dari yg kecil2 dulu deh, misalnya (yang penting) sholat dulu, hbis itu ningkat sholat (tepat waktu) lagi, dan ningkat lagi sholat nya di masjid dst..


Dengan memulai langkah2 kyk gitu, kalo tiba2 ajal ’pertandingan’ datang, semoga kita sudah bisa tersenyum karena kalopun kita belum mutlak ’juara’, setidaknya kita sudah berada di jalur ’juara’... Sekian :D

 note : 

  • di menit 1:35 Man.United (hampir) dipastikan juara Liga
  • di menit 2:20 tampak Man.united kaget kalo mereka batal juara
  • jangan heran ngeliat suporter Man.City bhkan sampe ada yang nangis, gelar juara Liga Inggris ini sdh mereka tunggu2 dari 44 tahun yang lalu

2 comments:

  1. weh tulisan wak liem mantap gila.. hihihi..
    keren wak. itu artinyo apapun bisa terjadi di menit-menit akhir. jangan teledorlah :D

    ReplyDelete